Angka Kemiskinan Tarakan Diklaim Turun

TARAKAN, Penakaltara.comJumlah penduduk miskin di Kota Tarakan, Kalimantan Utara terus mengalami penurunan. Pemerintah dihimbau untuk senantiasa aktif dalam penciptaan lapangan kerja.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS ) Kota Tarakan, Imam Sudarmadji, saat ditemui wartawan PenaKaltara.com di ruang kerjanya, Rabu (15/11) siang.

Berdasarkan data BPS Tarakan. Penduduk sejak tahun 2014 hingga 2016 angka kemiskinan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Tahun 2014, jumlah penduduk miskin sekitar 7 persen, Tahun 2015 sekitar 5,11  persen. Meskipun tahun 2016 sempat mengalami kenaikan sedikit dari tahun 2015 yakni sekitar 5,17, akan tetapi tidak mempengaruhi penurunan sejak 2014. Di tahun 2017 ini, Imam memperkirakan angka kemiskinan akan mengalami penurunan kembali.
"Di perkirakan 2017 ini akan turun, tapi hasilnya belum kita dapatkan. Kita tunggu bersama- sama akhir tahun" ungkap Imam.

Menurut Imam, penyebab kemiskinan yang ada di kota Tarakan itu diantaranya karena inflasi dan gaya hidup masyarakatnya.

Untuk itu, Imam menghimbau kepada Pemerintah Tarakan agar menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya agar angka kemiskinan benar-benar hilang. Selain itu, lanjut Imam, Pemerintah Kota Tarakan harus memikirkan bagaimana menciptakan masyarakat itu menjadi enterpreneur. "Menurut saya itu lebih efektif," tutupnya

ADI KUSTANTO

Editor : Bobby Furtado

TAG