Perbaikan Jalan 900 Meter, Kuras Anggaran 3 Milyar

TARAKAN, PenaKaltara.com - Perbaikan Jalan rusak di Jalan Sumatera, depan Stadion Datu Adil perlahan-lahan hampir rampung. Jalan yang telah rusak sejak setahun terakhir ini menghabiskan anggaran Rp3 Milyar untuk perbaikannya.

"Anggarannya sekitar Rp3 Milyar," kata Kepala Seksi (Kasi) Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Mohdi, kepada PenaKaltara.com, Rabu (21/22).

Ditemui di lokasi proyek, Mohdi mengungkapkan bahwa anggaran yang digunakan untuk perbaikan jalan ini berasal dari bantuan Pemerintah Pusat dengan estimasi anggaran sebesar Rp3 miliar untuk perbaikan ruas jalan sepanjang 900 Meter.

Proyek Perbaikan jalan yang sedang dikerjakan ini, menurut Mohdi sudah mencapai tahap akhir yaitu pengaspalan. Berbeda dengan sebelumnya yang terlihat hanya ada bebatuan dan debu akibat dari penimbunan untuk menutupi lubang jalan.

"Tidak lama lagi selesai, masyarakat bisa menggunakan jalan ini lagi dengan aman," kata Mohdi kepada Wartawan.

Perbaikan jalan ini merupakan program kerja DPUTR Tarakan yang sudah dilelang oleh pihaknya. Jadi yang melakukan perbaikan jalan adalah salah satu perusahaan yang telah menang tender. Sayangnya ketika dikonfirmasi terkait nama perusahaan pemenang tender proyek ini, Mohdi lebih memilih bungkam. "Waduh lupa saya nama perusahaannya apa," tandasnya.

Dalam pengerjaan aspal baru ini, lanjut Mohdi, dilakukan dengan  sistem lefling. Hal ini dilakukan karena melihat kondisi aspal lama yang berada di ujung jalan yang diperbaiki pasti akan tenggelam karena oleh lapisan aspal baru. Makanya untuk menghindari gundukan atau kemiringan jalan dilakukan sistem lefling.

" Nanti lapisan aspalan baru akan diratakan dengan aspalan lama agar pengendara tetap nyaman dan aman," Jelasnya.

kemudian ketika pengaspalan jalan selesai pihaknya akan melakukan pengecetan terhadap ruas jalan. Jadi bisa dihitung penambahan hari untuk pengerjaannya. "Diperkirakan pertengahan Desember, jalan ini bisa digunakan seperti biasanya oleh masyarakat," tutup Mohdi.

RICORNIUS JEFFERSON ANTONIO DAO

Editor : Bobby Furtado
TAG